Nasi Bebek Madura - Cendrawasih

takutlaper

Jakarta - Makanan pedes di Indonesia itu banyak banget. Menunya juga beragam bahkan kadang sampe dibuat berlevel-level. Ada juga yang bikin challenge buat makan pedes yang sampe ngeluarin keringet segede jagung. Tapi justru sensasi rasa yang begitu emang yang dicari. Bibir serasa kebas perut sampe terasa panas.

Sebenernya gua juga suka makanan pedes. Ya gak sampe terlalu maniak sampe ikutan challeng indomie abang ade 100 cabe juga sih. Yang masih nikmat untuk dikonsumsi umumnya aja gitu. Gak mau juga kali gua makan cuma demi ngikutin trend. Eh tapi kalo buat dapet content terus dapet duit gatau.

Tapi sekarang gua lagi mau makan salah satu warung bebek rica-rica khas madura langganan. Nama tempatnya itu Nasi Bebek Cendrawasih. Soalnya emang warungnya buka di Jl. Cendrawasih di daerah Semper, Jakarta Utara.  Gua gatau sih kenapa ada beberapa warung yang namain bebek rica-rica. Padahal kan menu ini khas dari madura sementara kalo rica-rica bukannya bahasa Manado?




Kalo tempatnya sendiri sih cuma warung pinggir jalan biasa gitu. Tapi hampir tiap malem selalu rame. Kalo pun tempat duduknya gak penuh kaya di gambar. Yang beli di bungkus buat dibawa pulang tuh ada aja. Ibu-ibu kalo males masak sering beli bebeknya aja buat lauk di rumah.

Tapi selaen menu utama kaya potongan daging bebek. Buat yang doyan makan ati atau ampelanya juga ada. Kalo yang mau nyoba ati atau ampleanya datengnya jangan kemaleman ya. Soalnya mereka gak bikin banyak. Jadi kalo kemaleman pasti keabisan. Gua aja mau pesen sisa ati nya doang semalem. Jadi gua cuma mesen menu utamanya aja.

Nasi + Bebek (pedes) 21K
Jeruk Hangat 5K
Kerupuk 2K





Seperti biasa gua mulai dari menu utama yang paling mantep. Kalo dari tampilan sebenernya sih kaya gaada yang spesial. Hampir di semua warung bebek madura pasti mirip-mirip. Malahan biasanya ada tambahan taburan serundeng (kelapa parut yang di sangrai). Bumbunya pun gak keliatan tebel malah cenderung terlalu kering.

Tapi jangan terkecoh sama penampilan luarnya aja. Biarpun memang dagingnya agak keras. Rasa gurih dari si bebeknya itu berasa banget. Belom lagi bumbu rica-rica nya yang pedes dan berminyak. Kalo yang takut laper mending nambah aja deh nasinya. 

Emang jenis makanan yang kaya gini itu bikin ngabisin nasi. Model makanan yang berbumbu kuat dan cenderung asin. Buat gua ambil suapan nasi banyak banget. Paling cocok kalo makan menu macem gini pake tangan kosong. Satu tangan nyiduk nasi yang satunya lagi sambil megang kerupuk. Nikmat mana yang lu dustain?

Kalo tips dari gua sih kalo makan pedes gini, mesti dan kudu pesen minuman yang anget. Soalnya kalo minuman anget bisa ngeredain rasa pedes. Selaen itu juga kaga bagus kalo makan makanan yang berlemak gini minum es. Lemak bakalan numpuk di perut! Tapi kadang gua juga suka minum es sih. Abis mau gimana? lebih nampol kalo siang-siang.

Makan yang banyak biar gak takut laper!


Twitter : @takutlaper
Instagram : @takutlaper.id

Zomato : @takutlaper
Email : takutlaper.id@gmail.com


Comments