Pecel Lele Kang Edo - Universitas Yarsi, Cempaka Putih

takutlaper

takutlaper

Jakarta - Pecel lele atau pecel ayam udah kaya makanan yang paling sering ditemuin di jalan. Biasanya hampir di tiap trotoar di jalanan ada aja tenda dengan ciri khas gambarnya. Warna yang iconic sekaligus jam operasional yang hampir semuanya sama. Buka dari mulai sore pas matahari mau terbenam. Sampe tengah malem atau paling engga sampe dagangannya abis.

Sekarang menu di tenda-tenda pecel udah makin banyak variannya. Tapi yang paling populer sekarang itu muncul pilihan Ayam goreng kremes. Sebenernya hampir sama aja kaya ayam goreng biasa. Bedanya ditambahin kremes sebagai sampingannya. Kremes itu sejenis adonan tepung tepung tapioka yang ditambah kaldu ayam terus digoreng.

Nah kali ini gua juga bakal makan ayam goreng kremes. Nama tendanya itu Pecel Lele Kang Edo. Letaknya persis di sebelah gedung Universitas Yarsi. Penyajian ayam goreng kremes disini beda sama tempat laennya. Kalo biasa di tempat laen kremesnya itu dipisah. Disini justru kremesnya nyatu dengan ayamnya mirip ayam goreng tepung.

Karena tempatnya persis di samping kampus, udah pasti tempatnya rame dan harganya terjangkau. Cocoklah buat makan malem di akhir bulan. Tapi kalo soal rasa.... gak bakal kecewa. Kalo soal tempat kompromi sedikit lah ya buat yang gak biasa makan di pinggir jalan.

Biarpun nama tempatnya Pecel Lele Kang Edo. Tapi menu yang paling banyak dipesen disini ayam goreng kremesnya. Bukan berarti lelenya gak enak. Tapi emang yang paling spesial disini ayamnya. Selaen itu juga mereka nyediain bawal goreng. Dan tentu aja ada tempe sama tahu buat pelengkap.

Pesenan gua disni :

Pecel Ayam Goreng Kremes 18K
Tahu Goreng 3K
Nasi Uduk 5K
Teh Manis Hangat 4K

takutlaper

takutlaper

Kalo dari nasi uduknya sendiri enak. Sama lah kaya di tempat lain gurihnya berasa. Belom lagi ditambah taburan bawang goreng merahnya. Makin cocok dan nambah rasa. Kekurangannya gak laen gak bukan ya porsinya aja. Maklum takut laper!

Kalo pesen pecel ayam udah pasti dapetnya satu paket dong, Ada lalapan sayur, sambel, dan ayam goreng. Tapi kayanya lebih enak kalo ada tahunya. Ini sih karena guanya aja emang lagi pengen.

Ayam goreng kremesnya itu bener-bener baru mateng. Baru diangkat penggorengan langsung ditaro piring yang udah disiapin bareng temen-temennya. Jadi ati-ati panas banget jangan langsung dicokot. Coba potek sedikit kremesnya biar bisa rasain gurihnya. Disitu justru yang bikin tempat ini spesial.

Bumbu ayamnya itu meresep banget sampe ke dalem. Biarpun gua pesen dada tapi bumbunya tuh masih berasa sampe ke dalem. Bagian luar yang crunchy dan kremesnya yang gurih cocok banget kalo dicocol sambel. Masukkin suapan dicampur nasi uduk. Enak banget dah pokonya.

Sambelnya sendiri itu mirip kaya pecel ayam umumnya. Sambel goreng yang tomatnya gak terelalu alus pas diulek. Buat yang gak suka pedes, tenang aja disini sambelnya cenderung ke manis. Tapi pasti kurang kalo cuma satu porsi sambelnya. Banyak yang minta nambah sambel juga dimari.

Selaen itu kalo mau lebih enak ada tips nih. Pesen lalap kolnya digoreng dulu biar lebih gurih. Jadi nanti pas kita makan kol gorengnya berasa kaya daleman bakwan. Wahhh menurut gua sih ini bakalan improve banget rasanya.

Makan yang banyak biar gak takut laper!


Twitter : @takutlaper
Instagram : @takutlaper.id
Zomato : @takutlaper
Email : takutlaper.id@gmail.com



Comments